Minggu, 31 Oktober 2010 | By: xxx

Gunadarma Library

Gunadarma Library

Situs ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Layanan-layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya.
Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Perpustakaan UG untuk program profesional dan sarjana terletak beberapa lokasi kampus yaitu dikampus D - depok , kampus E - kelapa dua,kampus J - Kalimalang, Akademi Kebidananserta perpustakaan program pasca sarjana terletak di kampus C - kenari . Sedangkan perpustakaan audio visual dan Jurnal Elektronik terdapat di kampusdepok. Dan semua cabang perpustakaan universitas gunadarma menggunakan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi satu sama lain.

Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.

Sesuai dengan kemajuan teknologi komunikasi telah dikembangkan perpustakaan audio visual di Universitas Gunadarma. Perpustakaan ini dilengkapi dengan peralatan video dan TV , juga perangkat komputer untuk keperluan belajar mandiri.Koleksi perpustakaan bersifat satu arah dan dua arah (multi media interaktif) Apabila seorang mahasiswa kesulitan dalam salah satu mata kuliah, mahasiswa dapat mengunjungi perpustakaan audio visual kemudian mencari koleksi yang diinginkan, kemudiana belajar secara mandiri. Dengan perpustakaan audio visual diharapkan keterbatasan ruang dan waktu dapat dihilangkan. seorang mahasiswa sastra Inggris, dapat mempelajari bagaimana kebudayaan inggris dan karya sastra klasik inggris melalui video, atau melalui audio. Untuk memenuhi koleksi video dan multi media interaktif, perpustakaan audio visual dilengkapi dengan studio produksi. distudio ini diproduksi video dan multi media interaktif. Direncanakan akan di produksi video/vcd dan multimedia interaktif untuk semua mata kuliah yang diberikan di universitas gunadarma. Para mahasiswa, dosen dan karyawan serta pihak lain yang berkepentingan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut guna mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Layanan Perpustakaan
Layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah :
  1. Keanggotaan
    Perpustakaan menyediakan layanan keanggotaan yang ditujukan untuk mahasiswa dan staf/dosen di lingkungan Universitas Gunadarma. Dengan menjadi anggota, mahasiswa/staf/dosen dapat melakukan peminjaman koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma.
  2. Peminjaman bahan pustaka bagi anggota
    Peminjaman bahan pustaka hanya ditujukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam adalah buku teks untuk mahasiswa dan dosen/staf, serta buku diktat kuliah untuk dosen/staf.
  3. Administrasi
    Layanan ini meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.
  4. Kunjungan Ruang Referensi
    Bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan penulisan ilmiah atau skripsi dapat mengunjungi ruang referensi. di ruang ini, tersedia jurnal, majalah, penulisan ilmiah, skripsi dan akses internet.



Peraturan Perpustakaan
Peraturan perpustakaan adalah peraturan yang ditujukan kepada pemakai sebagai pedoman dalam menggunakan fasilitas perpustakaan.
Tata tertib pelayanan Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah sebagai berikut :
  1. Pelayanan perpustakaan dibuka setiap hari kerja, yaitu sebagai berikut :
    1. Hari Senin s.d. Jumat = pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB
    2. Hari Sabtu = pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB
    3. Istirahat (Senin s.d. Kamis) = pukul 11.30 s.d. 13.00 WIB
    4. Istirahat (Jumat) = pukul 11.30 s.d. 13.30 WIB
Hal tersebut berlaku sepanjang semester / tahun akademik yang sedang berjalan, kecuali ada ketetapan lain melalui pengumuman tertulis.
  1. Yang berhak mendapatkan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku hanyalah anggota yang aktif.
  2. Semua pengunjung diperkenankan masuk dengan tidak membawa tas, jaket, helm, dan atau sejenisnya. Semua barang tersebut harus dititipkan / dilletakkan pada loker yang telah disediakan.
  3. Kunci loker dikembalikan setelah selesai berkunjung di perpustakaan.
  4. Menghilangkan kunci loker akan dikenakan sangsi. 
  5. Pengunjung perpustakaan harus mengisi buku tamu yang telah disediakan.   
  6. Ketentuan peminjaman dan pengembalian buku untuk mahasiswa, sebagai berikut :
    1. Waktu pelayanan peminjaman buku dimulai dari pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB setiap hari Senin s.d. Jumat. Sabtu  sampai pukul 12.00
    2. Batas peminjaman buku maksimal sebanyak 2 (dua) buah untuk perpustakaan Kampus D sedangkan untuk perpustakaan Kampus E peminjaman buku hanya 1 (satu) buah.
    3. Bagi mahasiswa yang sudah meminjam dalam jumlah maksimal maka baginya tidak diberikan pelayanan permintaan atau peminjaman buku.
    4. Peminjaman buku diberikan waktu selama 14 hari (2 minggu) setiap bukunya.
    5. Peminjaman, perpanjangan, dan pengembalian buku harus disertai dengan identitas keanggotaan.
    6. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda 1 hari sebesar Rp. 100,00 setiap bukunya.
  7. Ketentuan peminjaman dan pengembalian buku bagi dosen, sebagai berikut :
    1. Batas peminjaman buku maksimal sebanyak 5 (lima) buah.
    2. Peminjaman buku diberikan waktu selama 6 (enam) bulan setiap bukunya.
    3. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda 1 hari sebesar Rp. 200 setiap bukunya. (berlaku mulai 1 Agustus 2001)
  8. Pengunjung perpustakaan hendaknya menjaga ketertiban, kebersihan, dan ketenangan ruang baca serta dilarang makan, minum, merokok, dan tidur.
  9. Tidak diperkenankan membawa laptop, kamera, ke dalam ruang referensi
  10. Koleksi referensi tidak dapat dipinjam dan difotocopy. 



Petunjuk Perpustakaan
Petunjuk pengguna merupakan pelengkap dari Peraturan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma. Kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan informasi-informasi seputar layanan Perpustakaan yang selama ini menjadi pertanyaan pengguna perpustakaan.
Petunjuk pengguna ini dibagi berdasarkan layanan yang kami sediakan, yaitu :
  1. Keanggotaan
    Meliputi prosedur pendaftaran dan perpanjangan keanggotaan.
  2. Sirkulasi
    Meliputi prosedur peminjaman, pengembalian dan perpanjangan peminjaman bahan pustaka.
  3. Administrasi
    Meliputi prosedur pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.
  4. Kunjungan
    Meliputi prosedur kunjungan ke ruang referensi.


Standar Operasional Prosedur
Berikut ini adalah SOP Perpustakaan Universitas Gunadarma , untuk mengetahui lebih lanjut klik link dari masing-masing SOP yang telah ada.
A. Layanan Pengguna
  1. SOP Layanan Pembaca.
  2. SOP Peminjaman Mahasiswa .
  3. SOP Pengembalian Mahasiswa.
  4. SOP Peminjaman Dosen.
  5. SOP Pengembalian Dosen.
  6. SOP Booking Buku.
  7. SOP Perpanjangan Buku.
B. Pengolahan Bahan Pustaka
  1. SOP Pengadaan Buku.
  2. SOP Pengatalogan Buku.
  3. SOP Pengatalogan Jurnal.
  4. SOP pengatalogan PI dan Skripsi.
  5. SOP Pengolahan Digital Collection.
  6. SOP Truobleshooting PC.
  7. SOP Pemesanan AVI.
  8. SOP Pemeliharaan AVI.
  9. SOP Pembuatan Video Instruksional.
  10. SOP Pembuatan Video Dokumentasi.
  11. SOP Pembuatan Foto Dokumentasi.
  12. SOP Pembuatan CAI.
  13. SOP Pembelian AVI.
C. Layanan Administrasi Perpustakaan
  1. SOP Bebas perpustakaan.
  2. SOP Dokumentasi Denda.
  3. SOP Sumbang Penulisan Ilmiah.
  4. SOP Surat Teguran.
SOP Pengurusan HAKI
  1. SOP Pengurursan HAKI.




Koleksi Perpustakaan

Koleksi Dapat dicari via WebPAC
Buku  
- FTSP 1883 judul 5581 eksemplar
- FILKOM 10021 judul 26052 eksemplar
- FTI 3223 judul 8992 eksemplar
- AKBID 453 judul 1108 eksemplar
- PAKET 333 judul 3181 eksemplar
- FEUG 16450 judul 41305 eksemplar
- FPSI 3591 judul 5868 eksemplar
- FSB 5108 judul 7628 eksemplar
- TT 2 judul 2 eksemplar
- PSUG 5520 judul 8166 eksemplar
Terbitan Berseri 224 terbitan 752 edisi
Penulisan Ilmiah/Skripsi  
Audio/Visual  

   Semoga informasi ini berguna bagi kalian yg membacanya :)


daftar pustaka
http://library.gunadarma.ac.id/

perencanaan

Perencanaan

 Proses Perencanaan
1) Pengertian Perencanaan
Sebelum para manajer dapat mengorganisasi, memimpin, atau ,mengendalikan, terlebih dahulu mereka harus membuat rencana yg memberikan arah pada setiap kegiatan organisasi. Pada tahap perencanaan para manajer menentukan apa yg akan dikerjakan, kapan akan mengerjakan, bagaimana mengerjakanya, dan siapa yg akan mengerjakanya.
Kebutuhan akan perencanaan ada pada semua tingkatan manajemen dan semaki tinggi pada tingkatan manajemen yg lebih tinggi, dimana perencanaan itu mempunyai kemungkinan dampak yg paling besar pada keberhasilan organisasi. Pada tingkat TOP manajer pada umumnya mencurahkan hamper semua waktu perencanaanya jauh ke masa depan dan pada strategi-strategi dari seluruh organisasi.
Manajer pada tingkatan yg lebih rendah merencanakan terutama untuk subunit mereka sendiri dan untuk jangaka waktu yg lebih pendek ketimbang Top manajer.

2) Empat Tahap Perencanaan
• Menetapkan keadaan saat ini (menetapkan tujuan)
• Merumuskan keadaan saat ini (merumuskan keadaan)
• Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan (identifikasi kemudahaan)
• Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan (pengembangan kegiatan)

3) Rencana Operasional
Rencana operasional dibagi menjadi dua ,rencana strategis dan rencana operasional. Rencana strategis merupakan rencana yg dirancang untuk mencapai tujuan yg luas dari perusahaan yaitu untuk melaksanakan tugas-tugas perusahaan. Sedangkan rencana operasional merupakan recana yg memberikan rincian tentang bagaimana rencana strategis itu akan dilaksanakan. Rencana Operasional terdiri dari :
• Rencana Sekalipakai (singleuse plans), dikembangkan untuk mencapai tujuan khusus dan dibubarkan bila rencana ini telah selesai dilaksanakan.
• Rencana Tetap (standing plans), merupakan pendekatan yg telah dibakukan untuk menangani situasi yg berulang kali terjadi dan yg dapat dengan mudah diantisipasi.


4) Rencana Strategik
Strategi, adalah merupakan program umum untuk pencapaian tujuan dalam pelaksanaan missi.Kata "program" dalam missi tersebut menyangkut suatu peranan aktif, sadar dan rasional yang dimainkan oleh pimpinan manajer dalam perumusan strategi organisasi. strategi memberikan pengarahan terpadu bagi negara organisasi dalam berbagai tujuan, dan memberikan pedoman pemanfaatan sumberdaya-sumberdaya yang ada yang digunakan untuk mencapai tujuan.
Strategi dapat juga didefenisikan sebagai pola tanggapan terhadap lingkungannya sepanjang waktu. Defenisi ini mengandung arti bahwa setiap negara organisasi selalu mempunyai strategi walaupun tidak pernah secara ekplisit dirumuskan.Strategi menghubungkan sumber daya manusia dan berbagai sumber daya lainnya dengan tantangan dan resiko yang harus dihadapi dari lingkungan luar.

5) Faktor Waktu dan Perencanaan
Perencanaan strategic(strategic planning) adalah proses pemilihan tujuan-tujuan suatu pembangunan, penentuan strategi, kebijaksanaan dan program-program strategik yang diperlukan untuk tujuan-tujuan tersebut, dan penetapan metoda-metoda yang diperlukan untuk menjamin bahwa strategi dan kebijaksanaan telah diimplementasikan. Secara lebih ringkas perencanaan strategik rnerupakan proses perencanaan jangka panjang yang disusun dan digunakan untuk menentukan dan mencapai tujuan-tujuan pembangunan kegiatan.

 Penetapan Tujuan
6) Misi dan Tujuan Organisasi
Mengembangkan, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan kewirausahaan pada anggotanya di bidang tertentu.

7) Managemen My Objective(MBO)
MBO merupakan proses partisipasi atau peran serta, yaitu secara aktif melibatkanpara manajer dan anggota staf pada setiap tingkat organisasi, yg perencanaanya efektif tergantung samapi sejauh mana manajer menetapkan dengan jelas tujuan yg berlaku secara khusus bagi fungsinya di dalam perusahaan.

 Pebuatan Keputusan
8) Tipe-tipe Keputusan
• Keputusan Auto Generated, Keputusan semacam ini diambil dengan cepat dan kurang memperthatikan., mepertimbangkan data, informasi, fakta, dan lapangan keputusannya. Keputusan auto generated ini kurang baik, sebab resikonya tinggi.
• Keputusan Induced, Keputusan induced diambil berdasarkan scientific managemen atau managemen ilmiah, sehingga keputusan itu logisk, ideal, rasional untuk dilaksanakan dan resikonya relative kecil; cuma proses pengambilan keputusan lebih lambat.

9) Proses Pembuatan Keputusan
Menurut ,Drs. H. Malayu S. P. Hasibuan
a. decision maker (manajer) harus mengetahui secara jelas masalah (problem) yang akan diputuskan dengan merumuskan dan menganalisisnya secara cermat.
b. mengumpulkan data, informasi, dan fakta yang ada relevansinya dengan masalah yang akan diputuskan.
c. mengevaluasi dan menganalisis data, informasi, dan fakta yang telah dikumpulkan.
d. menetapkan sejumlah alternative keputusan yang akan diambil.
e. mengembangkan dan mengimplementasikan alternative pilihan yang ada.
f. memilihj keputusan yang terbaik dari alternative-alternatif itu.
g. menetapkan suatu keputusan, menjadi tindakan yang paling efektif dan efesien.
h. keputusan harus diinformasikan untuk ditaati dan dilaksanakan menjadi tindakan nyata dan mengikat bagi semua karyawan.

G. R. Terry
a. merumuskan problem yang bersangkutan
b. menganalisis problem tersebut.
c. menetapkan sejumlah alternative.
d. mengevaluasi masing-masing alternative.
e. memilih alternative yang akan menjadio keputusan dan yang akan dilaksanakan.

Peter F. Drucker
a. menetapkan masalah.
b. menganalisis masalah.
c. mengembangkan alternative-alternatif pilihan.
d. mengambil keputusan yang tepat.
e. mengambil keputusan menjadi tindakan yang efektif.

Prosedur pengambilan keputusan harus dilakukan dengan baik dan cermat, supaya resiko keputusan itu relative kecil. Harus dihayati bahwa setiap keputusan selalu menghadapi resiko, dan resiko ini menjadi tanggung jawab decision maker.

daftar pustaka
www.google.com
dan lain-lain

pengorganisasian

Pengorganisasian

 Pengorganisasian
• Pengertian Pengorganisasian
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian Pengorganisasian.
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.

• Teori-teori Organisasi
Organisasi merupakan elemen yang amat diperlukan di dalam kehidupan menusia (apalagi dalam kehidupan modern). Organisasi membantu kita melaksanakan hal-hal atau kegiatan yang tidak dapat kita laksanakan dengan baik sebagai individ, dan di samping itu kita dapat mengatakan lagi bahwa organisasi-organisasi membantu masyarakat, membantu kelangsungan pengetahuan dan ilmu pengfetahuan dan ia merupakan sumber penting aneka macam karier di dalam masyarakat.
Stephen R. Robbins seorang pakar tentang teori organisasi merumuskan organisasi sebagai berikut:
"....An organizations is a consciouly coordinated social entitiy, with a relatively identifiable boucary, that functions on a relatively continous basis to achieve a common goal or set of goals".

 Struktur Organisasi
• Pembagian Kerja
Ada dua aspek utama dalam proses penyusun struktur organisasi, yaitu departementalisasi dan pembagian kerja(division of labor). Departementalisasi merpakan pengelompokan kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan –kegiatan yg sejenis dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama. Pembagian kerja adalah pemerincian tugas pekerjaan agar setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab untuk melaksanakan sekumpulan kegiatan yg terbatas.



• Bentuk-bentuk Organisasi
Bentuk-bentuk organisasi memperhatikan lima aspek utama suatu struktur organisasi :
 Pembagian kerja
 Manajer dan bawahan atau rantai pemerintah
 Tipe pekerjaan yg dilaksanakan
 Tingkat manajemen
Bentuk-bentuk organisasi :
 Bntuk piramid. Bentuk yg paling banak digunakan karena sederhana, jelas dan mudah dimengerti.
 Bentuk vertical. Bentuk yg agak menyerupai bentuk piramid dalam hal pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah, hanya bagan vertical berwujud tegak sepenuhnya.
 Bentuk horizontal. Bagan ini digambarkan secara mendatar, aliran wewenang dan tanggung jawab digambarkan dari kiri ke kanan.
 Bentuk lingkaran. Bagan ini menrkankan pada hubungan antara satu jabatan dengan jabatan lain.
 Departementasi
• Departementasi Fungsional
Departemen Fungsional adalah pengelompokan fungsi yang sama atau kegiatan yang sejenis untuk membentuk satuan organisasi. Ini merupakan bentuk organisasi yang paling umum dan bentuk dasar departementasi.
Individu dikelompokkan berdasarkan ketrampilan, pengetahuan, dan tindakan yang dilakukan. Misalnya organisasi hanya terbagi dalam bagian administrasi, dan bagian operasi.
Pembentukan satuan satuan organisasi yang masing masing diserahi mengurus sekelompok aktivitas yang tergolong sejenis menurut sifatnya atau pelaksanaan pekerjaan pekerjaan yang berkaitan.

Kebaikan :
1. Pendekatan ini menjaga kekuasaan dan kedudukan fungsi-fungsi utama.
2. Menciptakan efisiensi melalui spesialisasi.
3. Memusatkan keahlian organisasi.
4. Memungkinkan pengawasan manajemen puncak
5. Tugasnya jelas
6. Pengetahuan yang dibutuhkan tidak banyak
7. Hanya membutuhkan manajer saja yang harus berwawasan luas
8. Mudah dijelaskan pada anggota bila ada persoalan

Kelemahan :
1. Menciptakan konflik antar fungsi.
2. Adanya kemacetan pelaksanaan tugas.
3. Umpan balik yang lambat.
4. Memusatkan pada kepentingan tugasnya.
5. Para anggota berpandangan lebih sempit serta kurang inovatif
6. Kejenuhan akibat monotonnya aktivitas
7. Komunikasi antar area tidak lancar terutama bila ada problem
8. Individu dalam bekerja hanya memperhatikan struktur hierarki


• Departementasi Devisional
Departementasi berdasarkan divisi melihat produk, layanan, dan klien sebagai faktor dasar pengelompokan. Pola ini digunakan untuk memudahkan usaha antisipasi ancaman atau oportuniti dari luar organisasi. Misalnya pada organisasi otomotif, organisasi terbagi atas divisi otomotif, divisi internasional, divisi keuangan.

Kebaikan :
1. Semua kegiatan, ketrampilan, keahlian untuk memproduksi dan
memasarkan dikelompokan menjadi satu dibawah seorang kepala.
2. Semua kegiatan mudah untuk dikoordinasidan prestasi kerja terpelihara.
3. Kualitas dan kecepatan membuat keputusan meningkat.
4. Menempatkan pengembangan dan implementasi strategi dekat dengan
lingkungan divisi yang khas
5. Merumuskan tanggung – jawab dengan jelas dan perhatian
dipusatkan pertanggungjawaban atas prestasi kerja.
6. Membebaskan para kepala eksekutif dalam pembuatan keputusan strategi lebih luas.
7. Cocok untuk lingkungan yang cepat berubah.
8. Mempertahankan spesialisasi fungsional dalam setiap divisi.

Kelemahan :
1. Berkembangnya persaingan disfungsional potensial atas sumber daya
perusahaan dan konflik antara tugas dan prioritas.
2. Seberapa besar delegasi wewenang diberikan.
3. Masalah kebijaksanaan dalam alokasi sumber daya dan distribusi
biaya overhead perusahaan.
4. Menimbulkan konsistensi kebijaksanaan antar divisi.
5. Masalah duplikasi sumber daya dan perlatan yang tidak perlu
6. Masing-masing divisi bisa menghadapi problem yang sama sehingga
terjadi pengulangan dalam pengatasannya
7. Target divisi bisa mengalahkan target organisasi
8. Konflik antar divisi bisa terjadi, bila terjadi problem organisasi, maka
membutuhkan orang yang sangat ahli dan menguasai banyak hal

• Organisasi Proyek dan Matrik
Merupakan bentuk departementasi campuran (hybrid design). Ini dilakukan dengan mengkombinasikan kebaikan – kebaikan dari system fungsional dan divisional dengan menghindarkan segala kelemahannya. Misalnya, organisasi selain dibagi menurut divisi, juga ditetapkan suatu organisasi baru semacam proyek akan ditugasi khusus dengan orang-orang yang berasal dari sejumlah divisi.

 Struktur Organisasi Matriks
Pada prinsipnya sama dengan sistem proyek, tapi disini para karyawan mempunyai dua atasan, yang tentunya berada di dua wewenang. Rantai perintah pertama yaitu fungsional, yang wewenangnya mengalir secara vertical. Kedua yaitu rantai perintah lateral atau horisontal, wewenangnya melintasi departemen yang dilaksanakan oleh manajer proyek, sehingga menyerupai matrik dalam lalu lintas aliran wewenang.

 Struktur Organisasi Proyek
Menyangkut pembentukan tim – tim, spesialis untuk mencapai tujuan khusus. Di sini manajer proyek mempunyai wewenang lini memimpin para anggota tim selama jangka waktu proyek , jika telah selesai maka tim dibubarkan dan masing – masing anggota kembali ke departemennya masing – masing. Kalau ada proyek baru maka mereka ditarik kembali.

Kebaikan :
1. Memaksimumkan efisiensi penggunaan manajer fungsional.
2. Mengembangkan ketrampilan dan kreatifitas karyawan serta fleksibilitas
kepada organisasi.
3. Melibatkan motivasi dan menantang karyawan serta memperluas
pandangan manajemen terhadap masalah strategi perusahaan yang akhirnya
membebaskan manajemen puncak untuk perencanaan.
4. Menstimulasi kerja sama antar disiplin dan mempermudah kegiatan perusahaan
dan orientasi proyek.
5. Mampu mengombinasi kelebihan pola fungsional dan divisional
6. Menekankan pada teknik dan pasar
7. Memerlukan sejumlah manager yang mampu menangani personil bidang teknik
dan pemasaran

Kelemahan :
1. Adanya pertanggungjawaban ganda dan kebijaksanaan yang kontradiktif
2. Memerlukan koordinasi vertikal dan horisontal.
3. Memerlukan lebih banyak ketrampilan antar pribadi.
4. Menimbulkan resiko timbulnya perasaan anarki.
5. Sangat mahal untuk di implementasikan.
6. Mendorong pertentangan kekuasaan dan lebih mengarah perdebatan daripada kegiatan.
7. Sangat mahal
8. Kesatuan komando bisa hilang karena individu memiliki lebih dari satu supervisor











daftar pustaka
www.google.com
dan lain-lain

koordinasi

Koordinasi

 Koordinasi
• Kebutuhan akan koordinasi
Koodinasi dibutuhkan sekali oleh para karyawannya,sebab tanpa koordinasi setiap karyawan tidak mempunyai pegangan mana yang harus diikuti, sehingga akan merugikan organisasi itu sendiri. Koordinasi merupakan usaha untuk menciptakan keadaan yang berupa tiga S,yaitu serasi,selaras dan seimbang.
Kebutuhan koordinasi tergantung pada sifat dan kebutuhan komunikasi dalam pelaksanaan tugas dan derajat ketergantungan dari tiap satuan pelaksanaan.Prinsip rentang manajemen berkaitan erat dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh manajer atau atasan.
Antara rentang manajemen dan koordinasi saling berhubungan erat. Ada anggapan bahwa semakin besar jumlah rentangan semakin sulit untuk mengkoordinasikan kegiatan bawahan secara efektif.

• Masalah-masalah pencapaian koordinasi yg efektif
Empat tipe perbedaan dalam sikap dan cara kerja di antara bermacam-macam individu dan departemen-departemen dalam organisasi menurut Paul R. Lawrence dan Jay W. Lorch adalah :
 Perbedaan dalam orientasi terhadap tujuan tertentu. Para anggota dari departemen yang berbeda mengembangkan pandangan-pandangan mereka sendiri tentang bagaimana cara mencapai kepentingan organisasi yang baik.
 Perbedaan dalam oriantasi waktu. Manajer akan lebih memperhatikan masalah-masalah yang harus dipecahkan segera atau dalam periode waktu pendek. Bagian penelitian dan pengembangan lebih terlibat dengan masalah-masalah jangka panjang.
 Perbedaan dalam orientasi antar pribadi. Kegiatan produksi memerlukan komunikasi dan pembuatan keputusan yang cepat agar prosesnya lancar, sedang bagian penelitian dan pengembangan mungkin dapat lebih santai dan setiap orang dapat mengemukakan pendapat serta berdiskusi satu dengan yang lain.
 Perbedaan dalam formalitas struktur. Setiap tipe satuan dalam organisasi mungkin mempunyai metoda-metoda dan standar-standar yang berbeda untuk mengevaluasi program terhadap tujuan dan untuk balas jasa bagi karyawan.

• Pendekatan-pendekatan untuk mencapai koordinasi yg efektif
Komunikasi adalah kunci koordinasi yang efektif. Koordinasi secara langsung tergantung pada perolehan, penyebaran dan pemrosesan informasi. Semakin besar ketidakpastian tugas yang dikoordinasi, semakin membutuhkan informasi. Pada dasarnya koordinasi merupakan pemrosesan informasi. Terdapat tiga pendekatan untuk pencapaian koordinasi yang efektif, yaitu :
 Teknik-teknik manajemen dasar. Untuk mencapai koordinasi yang efektif kita dapat menggunakan mekanisme teknik-teknik manajemen dasar : hirarki manajerial, rencana dan tujuan sebagai pengarah umum kegiatan-kegiatan serta aturan-aturan dan prosedur-prosedur. Organisasi relatif tidak memerlukan peralatan koordinasi lebih dari teknik-teknik tersebut.

• Mekanisme-mekanisme pengoordinasian dasar
 Hirarki manajerial , Rantai perintah, aliran informasi dan kerja, wewenag formal, hubungan tanggung jawab dan akuntanbilitas yang jelas dapat menumbuhkan integrasi bila dirumuskan secara jelas serta dilaksanakan dengan pengarahan yang tepat.
 Aturan dan prosedur , Adalah keputusan-keputusan manajerial yang dibuat untuk menangani kejadian-kejadian rutin, sehingga dapat juga menjadi peralatan yang efisien untuk koordinasi dan pengawasan rutin.
 Rencana dan penetapan tujuan , Pengembangannya dapat digunakan untuk pengoordinasian melalui pengarah seluruh satuan orgaisasi terhadap sasaran-sasaran yang sama. Ini diperlukan bila aturan dan prosedur tidak mampu lagi memproses seluruh informasi yang dibutuhkan untuk mengoordinasikan kegiatan-kegiatan satuan-satuan oraganisasi.

• Meningkatkan koordinasi potensial
Meningkatkan koordinasi potensial menjadi diperlukan bila bermacam-macam satuan organisasi menjadi saling tergantung dan lebih luas dalam ukuran dan fungsi. Koordinasi ini dapat di tingkatkan melalui dua cara, yaitu :
 Sistem informasi vertical , adalah peralatan melalui mana data disalurkan melewati tingkatan-tingkatan organisasi. Komunikasi dapat terjadi di dalam atau di luar rantai perintah. Sistem informasi manajemen telah dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan seperti pemasaran, keuangan, produksi, dan operasi-operasi internasional untuk meningkatkan informasi yang tersedia bagi perencanaan, koordinasi, dan pengawasan.
 Hubungan-hubungan lateral (harizontal) , Melalui pemotongan rantai perintah, hubungan-hubungan lateral membiarkan informasi dipertukarkan dan keputusan dibuat pada tingkat hirarki dimana informasi yang dibutuhkan ada beberapa hubungan laterial, yaitu :
 Kontak langsung antara individu-individu yang dapat meningkatakan efektivitas dan efisiensi kerja.
 Peranan penghubung, yang menangani komunikasi antar departemen sahingga mengurangi panjangnya saluran komunikasi.
 Panitnya dan satuan tugas. Panitnya biasanya diorganisasi secara formal dengan pertemuan yang dijadwalkan teratur. Satuan tugas dibentuk bila dibutuhkan untuk masalah-masalah khusus.
 Pengintegrasian peranan-peranan, yang dilakukan oleh misal manajer produk atau proyek, perlu diciptakan bila suatu produk, jasa atau proyek khusus memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi dan perhatian yang terus menerus dari seseorang.
 Peranan penghubung manajerial, yang mempunyai kekuasaan menyetujui perumusan anggaran oleh satuan-satuan yang diintegrasikan dan implementasinya. Ini diperlukan bila posisi pengintegrasian yang dijelaskan pada d di atas tidak secara efektif mengoordinasikan tugas tertentu.
 Organisasi matriks, suatu mekanisme yang sangat baik bagi penanganan dan penyelesaian proyek-proyek yang kompleks.

• Pengurangan Kebutuhan akan Koordinasi
Dalam beberapa situasi adalah tidak efisien untuk mengembangkan cara pengkoordinasian tambahan. Ini dapat dilakukan dengan penyediaan tambahan smber daya-sumber daya untuk satuan-satuan organisasi atau penglompokan kembali satuan-satuan organisasi agar tugas-tugas dapat berdiri sendiri.

daftar pustaka
www.google.com
dan lain-lain

Gambaran umum dan manajemen

Gambaran Umum dan Manajemen

 Pengertian Manajemen
a) Definisi Manajemen
Manajemen itu adalah ilmu dari seni mengatur proses pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan sumber-sumber secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu atau keterampilan untuk memperoleh hasil dalam rangka penyampaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. (Drs. Malayu S.P Hasibuan dan Prof. Dr. Sondang P. Siagian )

b) Manajemen sebagai ilmu dan seni
Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno yaitu ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Manajemen dipandang dari berbagai perpektif yang ada, mempunyai dasar yang kuat yang tidak terlepas dari perpaduan antara ilmu dan seni.
Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Seni dalam manajemen yaitu membentuk manusia menjadi lebih efektif dari yang sudah dan sedang mereka lakukan tanpa anda. Ilmu adalah pada bagaimana anda melakukannya,
yaitu :
• Planning
• Organizing
• Directing
• Monitoring
Sehingga manajemen sebagai ilmu adalah melihat bagaimana manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip manajemen,dan telah di organisasi menjadi teori. Dimana seorang manajer mempelajari terlebih dahulu tujuannya lalu diproses olehnya dengan keahliannya,setelah menjadi sebuah teori,lalu di buat penetapan tenaga kerja pengarah dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
Para manajer untuk mencapai tujuan organisasinya harus melalui kerjasama orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang mungkin dilakukan. Manajemen memang bisa berarti seperti itu, tetapi bisa juga mempunyai pengertian lebih dari pada itu. Sehingga dalam kenyataannya tidak ada defenisi yang digunakan secara konsisten oleh semua orang,
diantaranya adalah sebagai berikut :
• Manajemen sebagai ilmu pengetahuan (management as a science) adalah bersifat interdisipliner yang mana mempergunakan bantuan dari ilmu-ilmu sosial, filsafat dan matematika

• Manajemen sebagai suatu sistem (management as a system) adalah kerangka kerja yang terdiri dari beberapa komponen/bagian, secara keseluruhan saling berkaitan dan diorganisir sedemikian rupa dalam rangka mencapai tujuan organisasi


• Manajemen sebagai suatu fungsi (management as a function) adalah suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi

• Manajemen sebagai suatu proses (management as a process) adalah serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia


• Manajemen sebagai suatu profesi (management as a profession) adalah suatu bidang kegiatan atau bidang keahlian tertentu, antara lain profesi di bidang kedokteran, bidang teknik dan bidang hokum

• Manajemen sebagai kumpulan orang (management as people / group of people) adalah suatu istilah yang dipakai dalam arti kolektif untuk menunjukkan jabatan kepemimpinan di dalam organisasi antara lain kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan tengah dan kelompok pimpinan bawah .

 Manajemen dan Manajer
c) Fungsi – Fungsi Manajemen
• Planning , merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn pendefinisian sasaran utk kinerja organisasi di masa depan dan utk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yg digunakan yg dibutuhkan utk mencapai sasaran tersebut .

• Organizing , merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn penugasan mengelompokkan tugas-tugas ke dalam departemen-departemen dan mengalokasikan sumber daya ke departemen .

• Leading , fungsi manajemen yg berkenaan dgn bagaimana menggunakan pengaruh utk memotivasi karyawan dalam mencapai sasaran organisasi .

• Controlling, fungsi manajemen yg berkenaan dgn pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yg sesuai dgn sasaran dan melakukan koreksi apabila diperlukan .


 Evolusi Teori Manajemen
d) Teori Manajemen Klasik (The Classical Approaches)
Teori ini dikenal sebagai aliran manajemen ilmiah (scientific management) dan teori organisasi slasik /prinsip administrative(administrative principles) serta organisasi birokrasi (bureaucratic organization) yaitu pendekatan pada studi manajemen dengan prinsip-prinsip universal untuk berbagi situasi manajemen .

e) Teori Prilaku (The Human Resources Approaches)
Teori ini dikenal sebagai aliran prilaku, yaitu pendekatan pada studi manajemen tentang kebutuhan manusia, kerja kelompok serta peranan faktor-faktor sosial ditempat kerja .

f) Teori Kuaintitatif (Riset Operasi dan Ilmu Manajemen)
Teori ini dikenal dengan pendekatan pada studi manajemen dengan menggunakan teknik-teknik matematis dalam memecahkan masalah .


 Manajemen dan Lingkungan Eksternal
g) Definisi Lingkungan
Manajemen tidak lepas dari masalah lingkungan yg dihadapi oleh seorang manager .Perbedaan dan kondisi lingkungan akan berpengaruh terhadap konsep dan teknik serta keputusan yg akan diambil. Sebagai seorang manager tidak harus memperhatikan lingkungan usahanya atau intern saja, tapi juga harus bisa mengantisipasi lingkungan di luar perusahaanya atau ekstern.
Untuk mencapai tujuan organisasi tidak lepas dari lingkungan ekstern yg terjadi, apa lagi bagi organisasi atau perusahaan yg menghasilkan barang-barang yg dibutuhkan oleh konsumen. Oleh karena itu manajer harus memperhatikan dan mempertimbangkan unsur-unsur serta kekuatan-kekuatan lingkungan ekstern dalam setiap manajemen.

h) Faktor-faktor Eksternal Mikro dan Makro
Lingkungan ekstern atau eksternal terdiri atas unsure-unsur yg berada di luar organisasi, dimana unsur-unsur ini tidak dapat dikendalikan dan diketahui terlebih dahulu leh manajer, disamping itu akan mempengaruhi manajer di dalam pengambilan keputusan yg akan dibuat. Unsur-unsur lingkungan ekstern organisasi contohnya yaitu :
• Perubahan Perekonomian
• Peraturan Pemerintah
• Prilaku Konsumen
• Perkembangan Teknologi
• Dan Politik.
Lingkungan ekstern dibagi menjadi dua yaitu :
• MIKRO : Lingkungan yg mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen yg terdiri atas penyedia, langgana, para pesaing, lembaga perbankan, dan bukan bank .
• MAKRO : Lingkungan yg mempunyai pengaruh tidak langsung, seperti kondisi perekonomian, perubahan teknologi, politk, dan sosial.
i) Tanggung Jawab Sosial Manajer
Perubahan konsep manajerial dipengaruhi oleh factor intern dan ekstern. Seorang manajer mempunyai tanggung jawab sosial atas keputusa-keputusan yg diambil ,karena memperngaruhi dalam pencapaian tujuan organisasi baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, disamping itu juga menyangkut hajat hidup orang banyak yg kesemuanta menggantungkan dirinya kepada organisasi tersebut.
Atas dasar ini maka seorang manajer dituntut untuk dapat mengimplementasikan etika berusaha (the ethics of manajer). Ada lima fator yg mempengaruhi keputusan manajer dalam etika berusaha ini, yaitu hukum :
• Peraturan-peraturan pemerintah termasuk didalamnya undang-undang yg dikeluarkan oleh pemerintah
• Kode etik industri dan perusahaan
• Tekanan-tekana sosial
• Tegangan antar standar perorangan dan kebutuhan organisasi


Daftar pustaka
www.google.com
dan lain-lain
Selasa, 19 Oktober 2010 | By: xxx

Akankah Rooney hengkang dari MANUTD ?

Manchester : Keinginan Wayne Rooney angkat kaki dari Old Trafford tidak terlepas dari retaknya hubungannya dengan manajer Sir Alex Ferguson. ini merupakan suatu permasalahan yang menyelimuti Rooney di Manchester United.

Rooney diklaim menjabarkan alasan mengapa dia ingin hengkang. Intinya, Rooney kecewa dengan lemahnya ambisi dari The Red Devils. Rooney enggan menandatangani kontrak lima tahun yang dipersiapkan MU , dikarnakan kepercayaan Rooney dengan target menjuarai Liga Premier dan Liga Champions kian memudar seiring dengan utangnya MU 750 juta pound di bawah kepemilikan keluarga Glazer.

Konflik antara Rooney dengan Sir Alex diduga menjadi alasan satu-satunya ingin hengkangya Rooney dari sekuad The Red Devils ."Keretakan hubungannya dengan Sir Alex hanya salah satu faktor yang membuatnya tidak kerasan lagi di klub yang membesarkan nama bekas pemain Everton itu" ,ujar punggawa raksasa MU itu.
Selasa, 12 Oktober 2010 | By: xxx

Jadwal Liga Champions (20-21oktober 2010)

Jadwal Liga Champion RCTI terbaru live:

1. Real Madrid vs AC Milan
- Rabu 20 Oktober
- 1.30 wib
Watch live Real Madrid vs AC Milan

2. Arsenal vs Shakhtar Donetsk
- 20 Oktober
- 3.30
Watch delay Arsenal vs Shakhtar Donetsk.

3. MU vs Bursaspor
- Kamis 21 Oktober 2010
- 1.30
Watch live Manchester United vs Bursaspor.

4. Inter Milan vs Tottenham Hotspur
- 21 Okt
- 3.30
Watch delay Inter Milan vs Tottenham Hotspur.

speak up - lyric

Story of My Life

You, should've think it twice
The day when you ditched me down
I just accepted it because i was waiting for it...
Leaving by you was equal crying a minute of formality
Do feel like win something?
Trust me, you are not!

Well loser tell me how do i supposed to act?
The day when you cry over me to come back?
Don't wrath knowing why i don’t think this hardly
I'm not considerating a chance to come back
I’ll just forget which looser you are!!!

Sunset Slaves

Days have come again, breaking the nights i used to have
The world is over me
Skies have been no longer mine
I only hurt my self, trying to put you away from me
I am chained to you,
So, i’m no more than just a slave...

It can seems complex, but we will never understand
Rules are made to be break, and
Chaos was the rule i choose.
In such a small time, destiny has throw his dice
We will never know,
if we have won the bet or we are not!

These eyes i used to explore
These lives i used to waste
Everything has gone away, far away...
You have changed my mind
Now i am on your own
You have changed my mind...

** Back to

Dilema Kehidupan

Penyesalanku semakin menguak di dalam rongga tubuh ini
Penderitaaanku semakin menjurang di tubuh

Kehidupan hanya sekejap…
Haruskah ku terbuai mimpi?

Jika memang ini sebuah guratan takdir yang kuhadapi
Akankah ini terus berselimut di dalam rongga jasad ini?
Kehidupan hanya sekali…
Kebahagiaanlah yang harus kucari!

Biarkanlah demi waktu yang akan terus berbicara
Akan dimanakah hati ini bersauh, bertambat ,berpijak?

Kehidupan hanya sekejap ….
Haruskahku terbuai janji (mimpi)?

Jika memang kita di takdirkan untuk bersama selamanya
Maka takdirlah yang akan menyatukan kita bersabarlah…
Kehidupan hanya sekali…
Kebahagiaanlah yang harus kucari!

Semangat ini

Kucoba melangkah lebih jauh
Lepaskan hasrat terbelenggu
Berharap esok kan lebih baik
Buang semua cerita lalu

Tak peduli ocehanmu,
tak peduli sikapmu
INI HIDUPKU!!

Ilia (Part Two)

Sinar mentari berganti malam
Sang bulan membiaskan sinar redupnya
Terlihat rangkaian gugus - gugus bintang
Terlukis indah di bentangan angkasa

Terukir indah wahai wajah dirimu
Menghiasi gelap menjadikan terang
Dimanakah engkau berada wahai wanita?
Tebarlah kasihmu, redakan dunia

Ilia, betapa indah tuhan menciptakanmu dengan segala relungmu...
Ilia, terangilah gelapnya dunia terpaku dengan indahnya senyummu...
Ilia tersenyumlah…

Whooooo ooo ooo….

Somewhere Between Heaven and Hell

I’m in the middle of nowhere
this emptiness is killing me, i tried to do something
But it still won’t vanish
your face picturing my head
The hardest i tried the clearer it gets...
Aaaaa…
I’m in the middle of nowhere
Is this heaven or it’s hell? i don’t care!!
Is this madness will be end?
Cause this emptiness is killing me…
I don’t know, they don’t know, she doesn’t care!!!

Is this love that i felt? I don’t know
But, i do missing you…
Is this love that I felt? i’m not sure
But i do in love with you…

Woo ooo…

I’m in the middle of nowhere
Somewhere between heaven and hell...

The Greatness of A Nature

Sewaktu masih muda, mengelingi dunia
Sendiri berkelana, bebas tanpa aturan
Hari berganti hari, tak terasa berlalu
Siang menjadi malam, hitam menjadi kelabu!

Telah banyak yang kulihat
Telah banyak yang kurasakan
Semua CiptaanMu, KeindahanMu…

Tuhan tolonglah, berikanlah jalan yang terbaik bagi diriku
Tuhan tolonglah, jauhkanlah diriku dari kenistaan dunia
Berikan aku, jawaban benar atas semua KebenaranMu!!!

Seluruh jiwa ini, seutuh raga ini
Berlutut dihadapan dari pencipta alam
Hutan hijau membentang, one of the greatness of a nature
Namun dengan satu hembusan seluruh bumi kan terkangkang!!!

You

Sejenak ku terpikir
‘Tuk tinggalkan kisah ini
Walau hati terasa sulit
Jalani waktu tanpa dirimu, membuka mimpi...

Lelah ku mencoba tuk ungkapkan
Apa yang ku inginkan...

Kau, lakukanlah sesukamu!!
Tanpa pedulikan aku
Hingga nanti kau tinggalkan diriku

Aku, takkan sesali semua
Saat kau jauh dariku
Dan takkan pernah kembali untukku…

Hopes and Purity

There was a time
When i assumed things out of you and me,
We’ll get a long until the end of time
There was a thought...
When i started to realize that you are not the one for me?!
Maybe this is just a thought but I figured it wasn’t true
I know you are mine!!!
Because i know that you always be mine
‘Till the end of time...

When i looked in to your eyes
When i looked in to your smile
When i looked in to your eyes
When i looked in to your smile…

10.000 Miles

In this warm lonely summer afternoon
Here i’m sitting on the backyard of my house

I’m thinking of you wondering you are here
I want you be to here!

It’s been already 6 months since i left you
10.000 miles away...
Still i remembered the time you drove me
And say goodbye with smile...
Now i’m here all alone far away from you
This whole world seems so incomplete without you..

I’m thinking of you wondering you are here
I want you to be here!!!

Jangan Pernah

Saat teringat kan dirimu
Bagai bunga dimusim semi, tersenyum menatap indahnya dunia
Yang sering temani diriku, dan temani setiap langkahku
Berdua kita lewati semua...

Percayalah padaku aku bukan seperti aku yang dulu lagi
Ku kan mengerti dirimu..
Hapus cerita lalu dan cobalah untuk selalu
mencintaiku, cintaiku...

Dan jangan pernah, lari dariku
Ingatlah ku kan selalu untukmu, selalu disampingmu,
menemani setiap mimpimu...
Dan takkan pernah jauh darimu,
Walau hanya 'tuk sesaat saja, aku takkan bisa...

Jangan pernah!