Minggu, 31 Oktober 2010 | By: xxx

Gambaran umum dan manajemen

Gambaran Umum dan Manajemen

 Pengertian Manajemen
a) Definisi Manajemen
Manajemen itu adalah ilmu dari seni mengatur proses pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan sumber-sumber secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu atau keterampilan untuk memperoleh hasil dalam rangka penyampaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. (Drs. Malayu S.P Hasibuan dan Prof. Dr. Sondang P. Siagian )

b) Manajemen sebagai ilmu dan seni
Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno yaitu ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Manajemen dipandang dari berbagai perpektif yang ada, mempunyai dasar yang kuat yang tidak terlepas dari perpaduan antara ilmu dan seni.
Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Seni dalam manajemen yaitu membentuk manusia menjadi lebih efektif dari yang sudah dan sedang mereka lakukan tanpa anda. Ilmu adalah pada bagaimana anda melakukannya,
yaitu :
• Planning
• Organizing
• Directing
• Monitoring
Sehingga manajemen sebagai ilmu adalah melihat bagaimana manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip manajemen,dan telah di organisasi menjadi teori. Dimana seorang manajer mempelajari terlebih dahulu tujuannya lalu diproses olehnya dengan keahliannya,setelah menjadi sebuah teori,lalu di buat penetapan tenaga kerja pengarah dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
Para manajer untuk mencapai tujuan organisasinya harus melalui kerjasama orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang mungkin dilakukan. Manajemen memang bisa berarti seperti itu, tetapi bisa juga mempunyai pengertian lebih dari pada itu. Sehingga dalam kenyataannya tidak ada defenisi yang digunakan secara konsisten oleh semua orang,
diantaranya adalah sebagai berikut :
• Manajemen sebagai ilmu pengetahuan (management as a science) adalah bersifat interdisipliner yang mana mempergunakan bantuan dari ilmu-ilmu sosial, filsafat dan matematika

• Manajemen sebagai suatu sistem (management as a system) adalah kerangka kerja yang terdiri dari beberapa komponen/bagian, secara keseluruhan saling berkaitan dan diorganisir sedemikian rupa dalam rangka mencapai tujuan organisasi


• Manajemen sebagai suatu fungsi (management as a function) adalah suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi

• Manajemen sebagai suatu proses (management as a process) adalah serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia


• Manajemen sebagai suatu profesi (management as a profession) adalah suatu bidang kegiatan atau bidang keahlian tertentu, antara lain profesi di bidang kedokteran, bidang teknik dan bidang hokum

• Manajemen sebagai kumpulan orang (management as people / group of people) adalah suatu istilah yang dipakai dalam arti kolektif untuk menunjukkan jabatan kepemimpinan di dalam organisasi antara lain kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan tengah dan kelompok pimpinan bawah .

 Manajemen dan Manajer
c) Fungsi – Fungsi Manajemen
• Planning , merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn pendefinisian sasaran utk kinerja organisasi di masa depan dan utk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yg digunakan yg dibutuhkan utk mencapai sasaran tersebut .

• Organizing , merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn penugasan mengelompokkan tugas-tugas ke dalam departemen-departemen dan mengalokasikan sumber daya ke departemen .

• Leading , fungsi manajemen yg berkenaan dgn bagaimana menggunakan pengaruh utk memotivasi karyawan dalam mencapai sasaran organisasi .

• Controlling, fungsi manajemen yg berkenaan dgn pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yg sesuai dgn sasaran dan melakukan koreksi apabila diperlukan .


 Evolusi Teori Manajemen
d) Teori Manajemen Klasik (The Classical Approaches)
Teori ini dikenal sebagai aliran manajemen ilmiah (scientific management) dan teori organisasi slasik /prinsip administrative(administrative principles) serta organisasi birokrasi (bureaucratic organization) yaitu pendekatan pada studi manajemen dengan prinsip-prinsip universal untuk berbagi situasi manajemen .

e) Teori Prilaku (The Human Resources Approaches)
Teori ini dikenal sebagai aliran prilaku, yaitu pendekatan pada studi manajemen tentang kebutuhan manusia, kerja kelompok serta peranan faktor-faktor sosial ditempat kerja .

f) Teori Kuaintitatif (Riset Operasi dan Ilmu Manajemen)
Teori ini dikenal dengan pendekatan pada studi manajemen dengan menggunakan teknik-teknik matematis dalam memecahkan masalah .


 Manajemen dan Lingkungan Eksternal
g) Definisi Lingkungan
Manajemen tidak lepas dari masalah lingkungan yg dihadapi oleh seorang manager .Perbedaan dan kondisi lingkungan akan berpengaruh terhadap konsep dan teknik serta keputusan yg akan diambil. Sebagai seorang manager tidak harus memperhatikan lingkungan usahanya atau intern saja, tapi juga harus bisa mengantisipasi lingkungan di luar perusahaanya atau ekstern.
Untuk mencapai tujuan organisasi tidak lepas dari lingkungan ekstern yg terjadi, apa lagi bagi organisasi atau perusahaan yg menghasilkan barang-barang yg dibutuhkan oleh konsumen. Oleh karena itu manajer harus memperhatikan dan mempertimbangkan unsur-unsur serta kekuatan-kekuatan lingkungan ekstern dalam setiap manajemen.

h) Faktor-faktor Eksternal Mikro dan Makro
Lingkungan ekstern atau eksternal terdiri atas unsure-unsur yg berada di luar organisasi, dimana unsur-unsur ini tidak dapat dikendalikan dan diketahui terlebih dahulu leh manajer, disamping itu akan mempengaruhi manajer di dalam pengambilan keputusan yg akan dibuat. Unsur-unsur lingkungan ekstern organisasi contohnya yaitu :
• Perubahan Perekonomian
• Peraturan Pemerintah
• Prilaku Konsumen
• Perkembangan Teknologi
• Dan Politik.
Lingkungan ekstern dibagi menjadi dua yaitu :
• MIKRO : Lingkungan yg mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen yg terdiri atas penyedia, langgana, para pesaing, lembaga perbankan, dan bukan bank .
• MAKRO : Lingkungan yg mempunyai pengaruh tidak langsung, seperti kondisi perekonomian, perubahan teknologi, politk, dan sosial.
i) Tanggung Jawab Sosial Manajer
Perubahan konsep manajerial dipengaruhi oleh factor intern dan ekstern. Seorang manajer mempunyai tanggung jawab sosial atas keputusa-keputusan yg diambil ,karena memperngaruhi dalam pencapaian tujuan organisasi baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, disamping itu juga menyangkut hajat hidup orang banyak yg kesemuanta menggantungkan dirinya kepada organisasi tersebut.
Atas dasar ini maka seorang manajer dituntut untuk dapat mengimplementasikan etika berusaha (the ethics of manajer). Ada lima fator yg mempengaruhi keputusan manajer dalam etika berusaha ini, yaitu hukum :
• Peraturan-peraturan pemerintah termasuk didalamnya undang-undang yg dikeluarkan oleh pemerintah
• Kode etik industri dan perusahaan
• Tekanan-tekana sosial
• Tegangan antar standar perorangan dan kebutuhan organisasi


Daftar pustaka
www.google.com
dan lain-lain

0 komentar:

Poskan Komentar