Selasa, 23 Oktober 2012 | By: xxx

Ruang Lingkup Sistem Informasi Akuntansi(SIA)

1. Pengertian SIA 

Sistem informasi akuntansi adalah sekumpulan sumberdaya yang diatur untuk mengubah data transaksi keuangan menjadi informasi keuangan (akuntansi). Produktivitas perusahaan dapat ditingkatkan dengan sistem informasi akuntansi yang baik.
Ruang Lingkup 
A. Ruang lingkup Implementasi aplikasi Sikompak pada Bagian Akuntansi/Pembukuan meliputi pencatatan dan pengolahan data atas transaksi keuangan yang meliputi penjurnalan, posting hingga menghasilkan laporan keuangan perusahaan (General Ledger System). 
B. Ruang lingkup Sistem Informasi Aktiva Tetap dan Persediaan terdiri dari mutasi penambahan dan pengurangan pada aktiva tetap dan persediaan serta perhitungan penyusutan dan nilai buku aktiva tetap. C. Ruang Lingkup implementasi Billing System yang telah terkomputerisasi terdiri dari beberapa sub-sistem antara lain sub-sistem penyambungan baru, sub-sistem administrasi rekening, sub-sistem pelayanan pelanggan (customer service) dan sub-sistem penagihan dan penerimaan kas.

2. Perbedaab SIA dab SIM 
SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan sedang SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi

Perbedaan SIA dab SI Bisnis
Perbedaan nya adalah SIA mengutamakan informasi mengenai keuangan suatu perusahaan sedangkan SI bisnis mengutamakan informasi mengenai bisnis ,contoh kinerja karyawan dll.

Perbedaan SIA dab SI Pemasaran
Sistem informasi pemasaran (SIPEM) atau marketing Informasi system(MKTIS) merupakan sistem informasi yang diterapkan di fungsi pemasaran. SIPEMmempunyai enam komponen yang sama dengan sistem informasi secara umum yaitukomponen komponen input, model, output, basis data, teknologi dan kontrol.

Perbedaab SIA dab SI Keuangan 
merupakan komponen organisasi dalam mengumpulkan, mengolah, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi keuangan dan pengambilan keputusan bagi pihak perusahaan maupun pihak luar perusahaan. Sebenarnya, akuntansi pun termasuk sebuah sistem informasi.

3. Siklus Akuntansi Bila digambarkan melalui alurnya seperti berikut:
Transaksi -> Pencatatan ->Penggolongan -> Pengikthisaran -> Laporan akuntansi -> Menganalisa dan Menginterpresentasikan -> Pihak pemakai Informasi.

Dan dalam siklus akuntasinya seperti berikut:
(1)Sumber-sumber Dokumen Perusahaan >> (2) Transaksi-transaksi Perusahaan >> (3) Transaksi Dicatat kedalam Jurnal >> (4) Posting Kedalam Buku Besar >> (5) Neraca Saldo >> (6) Jurnal Penyesuaian >> (7) Laporan keuangan >> (8) Penutupan Buku Besar >> (9) Neraca Saldo Penutup >> (10) Jurnal Pembalikan >> (11) Laporan Akuntasi >> (12) Pihak-Pihak Pemakai 4.Siklus pemrosesan transaksi

4. Siklus Pendapatan dan Penerimaan 
Siklus pendapatan dan penerimaan terdiri dari berebagi sistim yang mencatat penjualan barang/jasa, penerimaan dan mencatat transfer pembayaran dari pelanggan

Siklus Pengeluaran 
Tujuan umum diselenggarakan siklus pengeluaran adalah:
1. Barang yang dibeli adalah yang dibutuhkan perusahaan
2. Barang diterima sesuai dengan pesanan dan dlm kondisi baik
3. Melindungi barang sampai dengan saat digunakan
4. Faktur pembelian barang atau jasa sudah benar dan sah
5. Mencatat dan mengklasikan biaya dengan teliti dan segera
6. Membukukan kewajiban dan pembayaran kas ke rekening utang dagang
7. Menjamin bahwa semua pembayaran telah Diotorisasi
8. Mencatat dan mengklasifikasikan pembayaran kas dengan teliti dan segera
9. Menyiapkan berbagai dokumen dan laporan yang berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa

Siklus Produksi 
adalah rangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan data terkait yang terus terjadi yang berkaitan dengan pembuatan produk.
 - Aktivitas-Aktivitas Siklus Produksi
 • Informasi akuntansi biaya yang akurat dan tepat waktu merupakan input penting dalam keputusan mengenai hal-hal berikut ini :
• Bauran produk
• Penetapan harga produk
• Alokasi dan perencanaan sumber daya (contoh apakah membuat atau membeli)
• Manajemen Biaya
• Ada empat aktivitas dasar dalam siklus produksi :
• Perancangan Produk
• Perencanaan dan Penjadwalan
• Operasi Produksi
• Akuntansi Biaya

Siklus Buku Besar dan Laporan Keuangan 
Sistem pemprosesan transaksi dalam perusahaan dapat dilakukan secara manual maupun komputerisasi.Dua system pemprosesan tersebut akan mempengaruhi input,proses,output,menejemen data dan pengendaliannya. 1. Sistem pemprosesan transaksi secara manual Transaksi secara manual dimulai dari dokumen sumber transaksi akan dicatat dalam jurnal khusus dan jurnal umum sesuai dengan tipe transosesmpraksinya. 2. Sistem pemprosesan transaksi berkomputerisasi Sistem pemprosesan transaksi terkomputerisasi pada dasarnya memiliki proses yang sama dengan system pemprosesan transaksi secara manual.

 Sumber
http://my-dream-my.blogspot.com/2011/12/siklus-akuntansi.html
http://panjidwias.blogspot.com/2011/11/sistem-informasi-akuntansi-keuangan.html http://soma28.wordpress.com/2010/10/01/perbedaan-sia-dan-sim/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/09/tugas-ke-1-ruang-lingkup-sistem-informasi-akutansisia/

0 komentar:

Poskan Komentar