Sabtu, 19 November 2016 | By: xxx

PENGANTAR TELEMATIKA II

Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika!
Peranan jaringan komputer pada layanan telematika itu sangat penting pada bagian telekomunikasi, dengan adanya jaringan komputer suatu sistem telematika dapat diakses secara bersamaan, dimanapun dan kapanpun dan setiap sistem telematika dapat bekomunukasi satu sama lain. Manfaat Peranan jaringan komputer pada bagian telekomunikasi yaitu:
  •  Membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
  • Pengguna juga dapat bertukar data (berbagi) maupun videocall secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  • Memungkinan seseorang dapat mengirimkai informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya berjauhan.


Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi!

Aplikasi yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi ialah :
  • Youtube adalah sebuah aplikasi atau situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis.
  • Skype adalah sebuah program atau software gratis yang memungkinkan anda untuk melakukan panggilan video call secara gratis apabila kita terhubung ke internet. Whatsapp (WA) Merupakan media telematika yang berperan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengirim informasi kepada seseorang ataupun kelompok secara lansung dan cepat.
  • Google Drive Sebagai media sharing dan penyimpanan file secara online yang dapat diambil kapan saja dan dimana saja.
  • Line adalah sebuah aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan lain-lain jika kita terhubung di Internet. Line bisa beroperasi pada berbagai platform seperti tablet, smartphone maupun notebook / komputer.
 
 
Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika!


Peer-to-peer Merupakan sebuah teknologi jaringan computer yang setiap computer dapat berkomunukasi satu sama lain baik sebagai penerima maupun peminta sebuah informasi dan perintah sebagai sarana untuk penyebaran layanan telematika.


Contoh prosesnya adalah jaringan computer LAN (Local Area Network). Minimal                     jumlah computer pada teknologi ini adalah 2 komputer.
Client-Server merupakan sebuah teknologi jaringan computer yang pada prosesnya memiliki satu buah computer sebagai server dan computer lainnya sebagai klien.
Contoh prosesnya adalah system KRS (Kartu Rencana Studi) mahasiswa, yang informasi semua mahasiswa berada pada server sedangkan yang lainnya hanya sebagai client yang meminta informasi tentang data mahasiswa.





sumber1
sumber2
sumber3




0 komentar:

Poskan Komentar