1.
MYOB
MYOB
Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil
menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).
Program
aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara
lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOB Accounting versi 15
hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama,
yaitu pemasukkan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan,
pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca, labarugi dan
sebagainya.
KELEBIHAN
MYOB :
1.
User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai
pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
2.
Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
3.
Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses
ekspor/impor file yang merepotkan.
4. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
6. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
7. Adanya fitur backup dan restore data serta compact database yang memungkinkan database terpelihara dengan baik.
8. Mempermudah Anda mengambil keputusan. Karena dapat menampilkan atau menyediakan laporan kepada pengguna kapanpun dibutuhkan. Sehingga jangan karena Laporan Anda Terlambat, Bisnis Anda Terhambat.
9. Fitur Customer Feedback, customer dapat mengajukan saran – saran yang kemudian akan direalisasikan pada software FINA versi lebih lanjut.
10. Adanya penggunaan periode ketigabelas (tak selamanya angka 13 itu sial). Yang memungkinkan pengguna lebih valid dalam membuat laporan keuangan akhir tahun.
4. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
6. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
7. Adanya fitur backup dan restore data serta compact database yang memungkinkan database terpelihara dengan baik.
8. Mempermudah Anda mengambil keputusan. Karena dapat menampilkan atau menyediakan laporan kepada pengguna kapanpun dibutuhkan. Sehingga jangan karena Laporan Anda Terlambat, Bisnis Anda Terhambat.
9. Fitur Customer Feedback, customer dapat mengajukan saran – saran yang kemudian akan direalisasikan pada software FINA versi lebih lanjut.
10. Adanya penggunaan periode ketigabelas (tak selamanya angka 13 itu sial). Yang memungkinkan pengguna lebih valid dalam membuat laporan keuangan akhir tahun.
KELEMAHAN
MYOB :
1.
tidak ada file backup otomatis - harus dilakukan manual
2. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
3. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
2. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
3. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
4.
Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
5. Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
6. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
7. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
5. Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
6. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
7. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
8.
database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk
transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan
server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih
realistis.
9. penjualan item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak sebaik DacEasy. (perlu dicek kebenarannya).
10. Belum mendukung multi gudang.
9. penjualan item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak sebaik DacEasy. (perlu dicek kebenarannya).
10. Belum mendukung multi gudang.
11.Dibutuhkan
kejelian tinggi untuk memposting akun agar tidak tertukar dengan akun lainnya
12.Format Neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang ditampilkan adalah Aset – Kewajiban = Net Asset (Modal)
12.Format Neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang ditampilkan adalah Aset – Kewajiban = Net Asset (Modal)
13.
Belum mendukung multi currency (mata uang).
KEGUNAAN
MYOB :
- Alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
- Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
- Mengerti lebih dalam bisnis
- membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
- Mengelola barang dagangan
- Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll
2.
KRISHAND GL FISKAL/KOMERSIAL
Krishand
General Ledger merupakan software akuntansi yang digunakan untuk mencatat
transaksi jurnal dan menghasilkan laporan keuangan seperti Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi,
dll. Salah satu kelebihan dari software Krishand GL adalah gabungan dari
pencatatan jurnal komersial dan fiskal sekaligus di dalam satu program, dimana
hal ini bisa memudahkan Anda dalam mempersiapkan jurnal koreksi untuk keperluan
laporan keuangan fiskal pada akhir tahun
KELEBIHAN
KRISHAND GL FISKAL/KOMERSIAL :
1.
Cepat dan akurat, Dengan software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan
terhindar dari kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang
sering terjadi jika dilakukan secara manual..
2.
Praktis, Dapat mencetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan
ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.
3.
Review setiap saat, Memungkinkan untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas
pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik ataupun mencari-cari arsip fisik
berkas
4.
Up To date, Semua formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan
formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir.
5.
Membuat kerja lebih efektif, efisien dan hemat waktu.
KELEMAHAN
KRISHAND GL FISKAL/KOMERSIAL :
1.
Tidak tahu bagaimana caranya memulai mengembangkan OSS.
2.
Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.
3.
Kepemilikan yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis )
dengan pola IPR ( Intellectual property Right ) yang juga sedang digalakkan
oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama ini.
4.
Tidak adanya dukungan komersial.
5.
Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
6.
Usabilitas yang masih kurang baik.
7.
Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
Berbasis
Windows.
8.
Multi user, sederhana, dan mudah digunakan.
9.
Multi cabang, multi currency, multi cost center dan user defined key analysis
10.
Dapat digunakan oleh semua jenis usaha.
11.
No. Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.
12.
Dapat menginput jurnal untuk periode yang akan datang tanpa harus menutup
periode yang sedang berjalan.
13.
Bisa mencatat nilai mata uang asing dan pembuatan jurnal selisih kurs secara
otomatis
14.
Proses posting dan unposting dapat dilakukan setiap saat. Proses unposting
dilakukan jika ingin koreksi jurnal periode yang telah ditutup.
15.
Buku Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses
posting.
16.
Nilai debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.
17.
Dapat mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.
18.
Penomoran bukti jurnal secara otomatis dan fungsi penyusunan ulang nomor bukti
jurnal.
19.
Format tampilan laporan keuangan dapat disetup sendiri oleh user sehingga Anda
dapat menghasilkan laporan keuangan yang tampilannya berbeda untuk beberapa
pihak yang berbeda kepentingan.
20.
Custom report formatting untuk berbagai macam laporan anlisa sesuai dengan
kebutuhan Anda.
21.
Laporan dapat diekspor ke Microsoft Excel
3. ZAHIR ACCOUNTING SOFTWARE
Zahir Accounting Software merupakan satu-satunya Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik yang
merupakan produk lokal dari PT Zahir Internasional. Zahir Accounting software
cocok dengan berbagai jenis bidang usaha. Dari usaha manufaktur sampai jasa,
dari usaha komersial atau profit sampai usaha nonprofit seperti yayasan.
Software
Zahir Accounting juga memiliki fitur dan tampilan yang sangat sederhana
sehingga sangat mudah untuk dimengerti bagi pengguna maupun pembacanya. Mulai
dari penginputan data hingga penyajian laporan keuangan sudah terintegarsi dan
ter-otomatisasi sehingga seluruh penginputan dapat langsung diproses saat itu
juga secara otomatis. Beragam contoh laporan keuangan pun dapat tersajikan dari
software akuntansi ini sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.
KELEBIHAN
ZAHIR ACCOUNTING SOFTWARE :
1.
Mudah digunakan oleh non akuntan karena sudah disediakan formulir khusus untuk
menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau
masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan sebagainya.
2.
Desain user interface (tampilan) menarik dan mudah dipahami karena
struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
perusahaan serta disertakan berbagai variabel data dan fungsi matematika yang
dapat digunakan langsung.
4.
Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format. Mengirim
laporan menggunakan email sangan mudah, cukup membuka laporan yang diinginkan
kemudian klik tombol Send Email. Zahir Accounting juga dapat mengexport data
dengan tampilan yang sama persis dengan tampilan pada Zahir Accounting.
5.
Menggunakan database client server sehingga menjadi lebih handal untuk
menangani data besar, volume transaksi yang sangat tinggi dan tingkat keamanan
data sangat tinggi.
6.
Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai kebutuhan sehingga kita cukup
membeli paket yang paling murah kemudian memesan fasilitas tambahan sesuai
dengan kebutuhan.
7.
Berbagai grafik dan analisa bisnis interaktif yang tersedia dalam satu layar
dan setiap grafik dapat diklik untuk dianalisis.
8.
Laporan dapat diklik untuk melihat detail transaksi (audit atau drill down)
pada neraca atau laporan laba-rugi akan menampilkan buku besar per rekening.
Jika mengklik nomor transaksi maka transaksi asli akan terbuka kembali. Jika
mengklik kanan mouse pada laporan keuangan akan menampilkan jurnal double
entry.
9.
Seluruh transaksi dapat diedit dan dihapus.
10.
Memudahkan dalam pengambil keputusan bisnis karena dilengkapi berbagai analisa
laporan keuangan perusahaan seperti analisis rasio, break even point
analysis, berbagai grafik serta laporan interaktif yang menarik dan
terintegrasi.
11.
Memiliki berbagai opsi fasilitas advace seperti:
- Multi currency, multi price, multi discount
- Serial number.
- Lot number dan expire date.
- Giro mundur.
- Sinkronisasi data antar cabang melalui internet dial-up. Hal ini belum dimiliki oleh keempat software di atas. Hal ini mempermudah dalam hal pengendalian perusahaan karena bersifat real time.- Predictive input (menginput transaksi berulang kali secara otomatis).
KELEMAHAN
ZAHIR ACCOUNTING SOFTWARE :
1.
Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh
dan biaya lain dalam akuntansi biaya.
2.
Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan
departemen.
3.
Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (unposting)
transaksi penjualan dan pembelian.
4
Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta
kompatibel dengan Zahir Pos.
5.
Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi,
membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.
sumber :
sumber4
0 komentar:
Posting Komentar